Kompres Gambar dengan Mudah

Rosyadi 6/06/2016
Beberapa hari yang lalu saya diminta teman saya untuk membantu pengejaan laporanya (bentuk word), kebetulan laporan tersebut penuh dengan gambar ilustrasi, dari file awal yang hanya 1Mb bisa berubah menjadi 8Mb, dan setelah saya kirim kembali ke teman saya, di mengeluh filenya kok lemot bukanya, ternyata setelah saya review ternyata yang membuat berat dan besar adalah file gambar yang saya masukan kedalam word, mau saya hapus, gambarnya wajib ada, lantas apa yang harus dilakukan? yup solusinya adalah dengan dikompres agar ukuran byte-nya berkurang.

Mungkin sebelumnya saya sudah share kepada anda tentang hal ini, namun dari segi yang berbeda, ada baiknya anda juga baca artikel ini - http://www.keripiksaya.com/2016/05/mempercepat-loading-blog-optimisasi.html

Kompres, apa sih yang dimaksud dengan kompres gambar?

Kompres gambar adalah sebuah kegiatan yang dilakukan pada gambar dengan tujuan memperkecil ukuran size gambar (byte) tersebut menjadi lebih kecil, tanpa harus melakukan pemotongan (crop) atau memperkecil ukuran gambar (lebar x tinggi).

Ada banyak sekali cara untuk kompres gambar, ada yang online, ada juga yang offline, namun untuk kasus ini saya akan menggunakan sebuah software tools kompres gambar yang ringan, dan tanpa memerlukan koneksi internet / offline. aplikasi atau software yang saya gunakan ini adalah RIOT

RIOT sendiri adalah sebuah aplikasi tools sederhana dan sangat ringan yang memungkinkan anda kompres gambar dengan mudah dan cepat. dan seperti yang saya kutip dari situs resminya "RIOT has an easy to use interface to compare the original with the optimized image in real time and instantly see the resulting file size. The image optimizer is lightweight, fast and simple to use, yet powerful for advanced users." yang bisa diterjemahkan kedalam bahasa indonesia adalah "RIOT memiliki antarmuka yang mudah digunakan untuk membandingkan asli dengan gambar dioptimalkan secara real time dan langsung melihat ukuran file yang dihasilkan . Gambar optimizer ringan , cepat dan mudah digunakan , namun kuat untuk pengguna tingkat lanjut ."

Untuk mengunduhnya silahkan kunjungi situs resminya disini http://luci.criosweb.ro/riot/

Sekarang bisa anda lihat gambar dibawah ini, saya mencoba melakukan kompres pada gambar yang berukuran 7MB setelah dikompress dengan RIOT, filenya dapat diperkecil menjadi 3MB saja, sangat signifikan bukan? tentu ini akan sangat membantu anda jika dalam kasus yang sama dengan saya diatas.

Kompres Gambar dengan Mudah

Setelah anda download silahkan langsung install saja, untuk cara penggunaan sendiri saya rasa tidak perlu saya jelaskan, karena memang relatif sangat mudah dan sederhana, dan mungkin sedikit tips untuk installasi, pada saat setup, kalau ada halaman centang accepts bla bla bla yang next mohon dibaca dulu, mungkin sebaiknya anda tidak centang, jika sudah baca anda pasti tahu maksud saya. :) 

Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat, salam renyahnya keripik.

Terimakasih anda telah membaca Kompres Gambar dengan Mudah. Jika ingin menghubungi kami, silahkan masuk ke halaman Contact Us kami.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar