Cara Efektif Untuk Mempercepat Loading halaman Blog

Rosyadi 5/13/2016
Cara Efektif Untuk Mempercepat Loading halaman Blog

Salam renyahnya keripik para pengunjung keripiksaya.com semua, mari kita ulas dunia bloging, sebuah kegiatan yang tidak hanya melampiaskan curahan hati, ide, berita, karya, atau apapun dalam tulisan yang berbasis halaman di internet, blogging juga bisa menjadi sesuatu yang menghasilkan uang juga membuat orang terkenal. yah mungkin anda sendiri sekrang mau bilang "sudah tahu", yah benar, itulah blogging, tapi menjadi seorang blogger dalam bloging dan menjadi sukses tidaklah mudah, blog anda harus bisa mendapatkan pengunjung yang banyak.

ada banyak sekali cara untuk mendatangkan pengunjung, baik dari cara ilegal, cara legal, cara membayar dengan beriklan, dan lain lain, tapi perlu anda ketahui faktor utama sebuah blog yang mendapatkan banyak pengunjung adalah blog yang disukai, dan blog yang disukai adalah blog yang loadingnya cepat. karena pengunjung akan langsung pergi jika loading blog itu lambat, dan berikut adalah beberapa yang saya tahu bagaimana cara untuk membuat sebuah blog menjadi lebih cepat.

# Pilih dengan benar template yang akan digunakan

Sebuah template yang digunakan adalah faktor yang sangat penting yang dangat mempengaruhi kecepatan loading blog anda, apalagi blog dengan platform blogspot (blogger), anda wajib memilih dengan benar template yang akan anda pakai, jangan asal template itu keren dan langsung dipakai di blog anda, template yang mempunyai loading cepat itu : simple, tidak banyak menggunakan javascript, tidak menggunakan backround gambar, tidak banyak fitur, ukuran xml kecil, tidak memuat flash atau konten lain seperti frame.

jujur saja tidak ada patokan yang pasti untuk mengetahui template yang cepat itu bagaimana, tapi saran saya adalah dengan menilik beberapa yang saya sebutkan barusan diatas dan, mengecek dan mempertimbangkan sebelum memasang atau mungkin membeli sebuah template sebelum memasangnya, dan mungkin membandingkan dengan template yang lainya.

jika anda tanya template rekomendasi dari saya, yah mungkin saya akan menyarankan template buatan mas-sugeng, atau dari arlinadesign, template dari mereka selain cepat juga simple dan elegan. tanpa mengurangi master yang lain.

# Hindari penggunaan widget yang tidak penting dan tidak diperlukan

Disini pengguna awam atau blogger baru, biasanya akan memasang widget yang sangat tidak penting, misalkan saja widget jam.. ayolah sudah pasti ada jamnya di komputer atau device lain yang digunakan pengunjung bukan, Widget kasih makan ikan... pengunjung yang datang untuk membaca tulisan yang anda tulis bukan untuk memberi makan ikan, Widget kamera tegel-tegel*(bahasa jawa untuk lihat kanan kiri)... lucu tapi benar-benar tidak berguna, dan asal anda tahu itu memberatkan loading blog anda,

Selain yang saya sebutkan diatas masih ada banyak sekali yang lain, yang benar-benar saya sarankan untuk anda tidak pasang, atau jika sudah, saya sarankan untuk menghapusnya agar blog anda bisa lebih cepat.

Jika widget-widget tersebut diatas adalah yang tidak penting lantas apa saja yang perlu kita pasang dong?

menurut para ahli blogger, dan saya yakin bukan saya, widget yang perlu dipasang adalah sebagai berikut ini, selain wajib, juga katanya yang diperlukan untuk syarat pendaftaran adsense:
  1. Widget Kategori / Label, sebuah widget yang wajib anda pasang untuk mempermudah pengunjung menjelajahi blog anda.
  2. Widget pencarian, ini juga wajib, jika anda menggunakan template tanpa tersedia search maka silahkan pasang di menu widget tata letak, namun jika sudah ada, itu cukup.
  3. Widget Artikel Terbaru / Recent Post, untuk menujukan pengunjung rilisan artikel terbaru anda, jika pengunjung datang dari google search dan langsung nongkrong disalah satu artikel anda.
  4. Archive / Arsip, ini juga sebuah widget yang katanya adalah kewajiban jika ingin mendaftar adsense.
  5. Kolom komentar, walau ini bukan widget, namun ada kalanya seorang blogger mematikan fitur ini.
itulah beberapa widget yang katanya wajib, namun jika anda bertanya menurut saya, yah silahkan lihat blog ini saja. apa saja widget yang saya pasang, walau jujur saja harus saya akui blog saya juga sedikit lambat.

# Optimisasi penggunaan Gambar pada blog dan postingan anda

Faktor lain penyebab loading lambat pada blog adalah penggunaan gambar yang berlebihan, ini berlaku untuk template juga dalam postingan anda, inilah sebabnya anda harus anda optimalkan penggunaan gambar pada blog anda.

kenapa saya menggunkan kata Optimisasi, mungkin karena jika saya katakan Kurangi penggunaan gambar sedikit salah, karena walau banyak gambar yang anda gunakan tapi size (ukuran gambar per/byte) besar, akan tetap jauh lebih baik dengan cuma satu gambar dengan ukuran yang sangat besar.

Baca lebih lengkapnya disini - Mempercepat Loading Blog : Optimisasi Gambar agar lebih SEO

# Optimisasi Penggunaan Javascript dan CSS pada blog anda

Walaupun sebelumnya saya mengatakan anda harus memilih template yang menggunakan Javascrip dan CSS yang tidak berlebihan, namun akan tetap ada dua komponen ini, ya iyalah, jika tidak ada maka blog anda akan tampil cuma dengan backgound putih bersih dan teks datar diatasnya.

Oleh karena itu perlu sekali anda melakukan optimisasi pada dua komponen ini, terkadang sebuah template akan memiliki ukuran file CSS dan Javascript yang besar, atau salah dalam menempatkanya, hal inilah yang akan membuat blog anda menjadi loadingnya lambat.

# Kurangi dalam pemasangan iklan pada blog

Asal anda tahu, bahwa loading iklan dalam blog juga berperan besar untuk Loading halaman anda, semakin banyak iklan yang anda pasang otomatis semakin berat dan lambat loading blog anda. apa lagi iklan yang disediakan oleh penyedia iklan selain adsense. akan sangat berpengaruh.

Jika anda bertanya kepada saya...? iya pertanyaan itu, maka saya harus katakan dengan sangat jelas Jangan tiru blog saya. :P jika ingin blog anda loadingnya lebih cepat.

Mungkin itulah yang bisa saya sampaikan kepada anda, walau tema blog ini adalah yang ringan sepertinya penjelasan saya kali ini terlalu panjang, tapi tidak apalah, semoga bermanfaat, dan salam renyahnya keripik, apa lagi pas dimakan sambil nonton video konser JKT48, ah sudahlah.. lupakan barusan saya bilang jeketi.

Terimakasih anda telah membaca Cara Efektif Untuk Mempercepat Loading halaman Blog. Jika ingin menghubungi kami, silahkan masuk ke halaman Contact Us kami.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar