Tips Makanan yang Baik untuk Sahur

Rosyadi 5/23/2016
Tips Makanan yang Baik untuk Sahur

Bagi umat muslim bulan puasa adalah  bulan yang sangat ditunggu, dengan banyaknya pahala yang dapat diraih, menjadikan bulan ramadhan adalah bulan panen yang sangat ditunggu, selain itu 1 bulan penuh kita akan menjalankan ibadah puasa, menahan lapar seharian penuh, tidak hanya lapar namun juga napsu duniawi. 

Jika kita membahas tentang puasa, tentu tidak akan lepas dari pangun dipagi hari sebelum subuh menjelang untuk makan, inilah yang dinamakan dengan sahur, tidak makan selama seharian tentu tubuh sangat memerlukan makanan yang baik untuk menjaga kebugaran selama berpuasa siang harinya bkan, tentu asupan makanan pada sahur harus sangat diperhatikan, dan berikut adalah tips mengenai makanan yang sangat disarankan dan baik untuk simakan saat sahur.;

Makanan yang sangat baik dimakan saat sahur

Berikut adalah list beberapa makanaan yang sangat disarankan untuk anda makan saat sahur, demi menjaga kondisi tubuh tetap segar selama berpuasa.

#1 Telur
Jangan remehkan telur. Telur sendiri selain mengandung protein yang sangat tinggi, juga memiliki sembilan macam jenis asam amino esensial, yang pada saat tubuh mencerna makanan sembilan asam amino ini berperan penting dalam pelepasan hormon dalam usus untuk meminimalisir rasa lapar.

#2 Kentang-kentangan
Mungkin bagi orang indonesia, nasi adalah makanan yang paling mengenyangkan, tapi ketahuilah, bahwa kentang-kentangan dapat lebih tahan lama menjaga rasa kenyang anda, Kentang termasuk jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks tinggi dalam bentuk pati. 36 gram karbohidrat terkandung dalam setiap 1 cangkir kentang tumbuk mengandung cukup baik karbohidrat dalam bentuk pati. Selain itu kentang memiliki kandunganĂ‚  vitamin C , Vitamin B6 , zat besi, dan satu lagi, yang membedakan antara kentang dengan nasi adalah kentang memiliki serat yang jauh lebh besar dari nasi.

#3 Biji-bijian (termasuk nasi)
Setelah kentang kentangan, selanjutnya barulah biji bijian, termasuk didalamnya adalah makanan pokok orang indonesia yakni nasi. yang perlu anda ketahui bahwa ada dua jenis biji-bijian ini yang sangat baik bagi anda untuk dijadikan makanan sahur yaitu beras merah dan gandum mengandung karbohidrat kompleks dan serat tinggi.

#4 Sayuran Hijau
Sayuran hijau, jangan lupakan sayuran walaupun tidak akan terlalu mengnyangkan jika anda memakan sayuran hijau saja saat sahur, namun sayuran hijau sangat wajib anda kosumsi saat sahur, untuk melengkapi makanan yang disarankan sebelumnya. Sayuran hijau selain mengandung vitamin dan zat yang dibutuhkan oleh tubuh, sayuran juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan anda.

Munkin ada banyak yang lainya, yang sangat baik anda kosumsi saat sahur, mungkin anda bisa memilahnya sendiri, seperti hanya dengan susu, roti tentu dengan makanan tambahan yang lain, ikan juga sangat baik anda kosumsi saat sahur, dan yang paling disarankan adalah ikan segar, bukan ikan teri atau ikan asin dan sebagainya.

Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

Terimakasih anda telah membaca Tips Makanan yang Baik untuk Sahur. Jika ingin menghubungi kami, silahkan masuk ke halaman Contact Us kami.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar