Minum Obat dengan Susu?

Rosyadi 5/23/2016
Minum Obat dengan Susu?

Sering mungkin bagi anda mendengar bahwa jika anda tidak boleh meminum obat dengan susu, sekarang mari kita ulas bersama, apakah ini sebuah fakta ataukah sebuah mitos, dan apakah hal ini berbahaya, secara ilmiah.

Sekarang mari kita telisik dahulu apa kandungan dalam susu. Susu sendiri jika di indonesia masuk dalam 4 Sehat 5 sempurna, sebuah pokok pembelajaran tentang kesehatan di sekolah dasar, dengan memiliki kandungan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti kalsium, magnesium, protein, lemak dan fosfor, dan juga vitamin.

Salah satu zat yang sangat baik bagi tubuh kita yang saya sebutkan diatas adalah Kalsium. Sebuah zat yang bisa membantu dalam memperbaiki tulang yang bermasalah, juga pertumbuhan tulang bagi anak. tapi pernakah anda tahu bahwa sifat kalsium juga dapat menghambat penyerapan obat dalam tubuh, sehingga obat tersebut tidak akan bekerja maksimal?

Apakah Minum Obat Dengan Susu itu Dilarang?

Sperti yang saya ungkapkan diatas, Susu mengandung zat-zat yang akan menghambat penyerapan obat dalam tubuh, tapi kenapa? karena pada dasarnya Obat sendiri merupakan Zat asing kimiawi yang bereaksi kontras dengan tubuh, seperti sifat dari racun, hanya saja obat membantu fungsi dari tubuh tertentu agar lebih kuat atau bekerja lebih kuat demi penyembuahan penyakit lebih cepat. oleh karena itu SUSU TIDAK BAIK DIMINUM BERSAMA DENGAN OBAT.

Dengan demikian anda sudah dapat menyimpulkan sendiri apakah minum obat dengan susu dilarang itu fakta atau mitos? yups jawabanya adalah fakta.

Minuman lain yang tidak boleh dikosumsi saat minum obat.

#1 Jus Jeruk
Kenapa jus jeruk? Jus jeruk, mungkin lebih tepatnya jeruk sendiri memiliki sifat menghilangkan enzim yang dibutuhkan oleh tubuh dalam penyerapanya terhadap obat yang anda minum.

#2 Teh
Ini dia yang mungkin bagi anda akan heran dengan fakta bahwa ternyata teh juga tidak baik diminum dengan obat, padahal, sering mungkin anda lihat orang minum obat dengan menggunakan teh hangat. ternyata ini salah, Teh sendiri memiliki zat Tanin yang dapat menghambat penyebaran obat ke seluruh bagian tubuh karena zat tersebut bisa mengikat senyawa aktif dalam obat yang anda minum.

#3 Kopi
Dan satu lagi minuman yang ada baiknya tidak anda minum saat minum obat, yakni Kopi, kandungan Kafein pada kopi sangat tidak baik jika digabungkan dengan kandungan dari obat, bahkan kafein sendiri bisa meningkatkan resiko overdosis pada  obat yang anda minum.

Mungkin masih ada lagi minuman yang tidak baik lainya, mungkin anda bisa menyimpulkan sendiri dari artikel yang saya tulis barusan atau melakukan research lagi untuk menemukan minuman lain yang tidak baik bagi anda jika sedang meminum obat, namun pada dasarnya 3 minuman diatas adalah paling umum dan yang mungkin perlu anda ketahui.

Sekarang apa yang tepat untuk diminum bersama obat?

Jawabanya sederhana dan mungkin anda bisa langsung menjawabnya juga, dengan AIR PUTIH biasa. karena air hanya mengandung mineral yang tidak akan berpengaruh apapun terhadap kinerja obat anda dalam tubuh. Manfaat meminum air putih sendiri adalah menyediakan cairan tubuh sehingga organ-organ di dalamnya dapat bekerja dengan maksimal

Terimakasih anda telah membaca Minum Obat dengan Susu?. Jika ingin menghubungi kami, silahkan masuk ke halaman Contact Us kami.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar