Buah untuk Obat Batuk dan yang Tidak Boleh Dikosumsi saat Batuk

Rosyadi 10/21/2015
Buah untuk Obat Batuk dan yang Tidak Boleh Dikosumsi saat Batuk

keripiksaya.com - Batuk, adalah sebuah gejala awal yang paling sering dan paling umum timbul dari ketidak beresan kesehatan seseorang, baik itu dikarenakan flue atau tubuh yang kelelahan, walau batuk mungkin sudah sangat umum, terkadang batuk juga menjadi sangat mengganggu, Selain itu batuk akan membuat tubuh menjadi lelah karena tidak nyaman saat melakukan berbagai aktifitas.

Biasanya jika kalian mengalami batuk, pasti akan buru-buru meminum obat batuk, tapi tahukah kalian ada buah-buahan yang bisa mengobati batuk kalian secara alami, dan tentu lebih sehat, karena tidak ada efek samping apapun.

Buah-buahan yang bisa mengobati batuk yang perlu diketahui

Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yakni sebagai pemencar biji tumbuhan. dan ada beberapa buah yang sangat ampuh untuk mengobati batuk, baik itu kering maupun berdahak.

1. Jeruk

Seperi yang kita ketahui bersama jeruk merupakan buah yang paling terkenal akan vitamin C yang cukup tinggi sekitar 54 mg / 100 gram penyajian. Vitamin C dalam buah jeruk menjadi sumber antioksidan yang sangat baik untuk melawan infeksi dan menyerang semua radikal bebas dalam darah.

Vitamin C pada jeruk juga mampu mengurangi rasa nyeri pada bagian tenggorokan karena batuk atau iritasi yang sering terjadi karena batuk yang lama,

Cara Konsumsi : Makan jeruk biasa atau jadikan jeruk menjadi segelas jus tanpa gula. Jika Anda suka maka bisa menambahkan sesendok madu.

2. Tomat

Banyak orang jarang meyadari bahwa tomat adalah buah yang memiliki vitamin C yang tidak kalah dengan jeruk, selain memiliki vitamin C yang tinggi tomat juga mengandung vitamin A yang banyak, Vitamin C akan berperan sebagai sumber antioksidan yang akan memerangi infeksi penyebab batuk dan nyeri tenggorokan. Bahkan tomat bisa menjadi obat batuk tanpa menyebabkan efek samping untuk tubuh

Sedangkan  peran vitamin A disini juga sangat besar untuk membantu penyembuhan batuk, vitamin A dalam tomat bisa menjadi sumber penyerang radikal bebas dalam darah, sehingga mempercepat pemulihan pasca batuk mereda.

Cara konsumsi : Pilih  tomat merah yang sudah matang, karena kaya kandungan beta karoten. Makan tomat mentah untuk mempertahankan vitamin dan hindari konsumsi tomat yang sudah dimasak.

3. Kiwi

Sebuah buah yang mirip dengan sawo, hanya saja sedikit memiliki bulu halus dikulitnya ini juga sangat ampuh untuk mengusir batuk, kiwi, selain mengandung vitamin C yang tinggi, juga memiliki khasiat untuk mendorong sistem kekebalan alami dalam tubuh.

Dengan memakan buah kiwi juga akan melindung tubuh dari resiko tertulas beberapa penyakit seperti flu dan batuk. Buah kiwi bisa membantu meredakan batuk karena mengandung actinidain yang bisa menghilangkan mual selama batuk

Cara Konsumsi : kosumsi kiwi yang masih segar, jangan yang sudah didiamkan dalam kulkas lama, atau setidaknya seelah dikupas segera dimakan.

4. Nanas

Diluar sana masih banyak yang beranggapan buah nanas malah menjadi penyebab batuk, dan sudah pasti tidak akan memkanya jika sudah mengalami batuk, akan tetapi ernyata anggapan ini tidak sepenuhnya benar, malah sebenarnya nanas sangat baik untuk menghilangkan batuk.

Hal ini disebabkan karena buah nanas mengandung enzim bromelain yang bisa bekerja untuk mengurangi lendir di tenggorokan dan menghilangkan bengkak atau iritasi di saluran pernafasan. Makan buah nanas secara teratur juga bisa mengurangi resiko infeksi penumpukan lendir di saluran pernafasan.

Cara Konsumsi : makanlah nanas seperti biasa, hanya saja pastikan pada saat itu hanya nanas buah yang dimakan, karena kalau memakan buah lain akan menghambat enzim bromelain

Makanan yang dilarang saat batuk

Sebelumnya sudah membahas buah apa saja yang bisa menyembuhkan batuk secara alami, ada obat tentu ada juga pantangan yang perlu diketahui saat batuk, agar batuk tidak bertambah parah dan pengobatan bisa berjalan maksimal, dan berikut adalah makanan yang sangat tidak dibolehkan untuk dimakan saat batuk;
  1. Hindari makan gorengan, apapun itu, karena makan ini bersifat panas dan akan mengganggu tenggorokan.
  2. Semua jenis minuman yang mengandung bahan pemanis buatan seperti sakarin.
  3. Es atau semua jenis minuman yang memakai es karena bisa menyebabkan infeksi semakin parah dan flu juga menjadi semakin berat.
  4. Permen, makanan ringan dan semua jenis camilan yang mengandung bahan pengawet.
  5. Susu karena susu mengandung protein hewani yang bisa memicu produksi lendir berlebihan di saluran pernafasan dan tenggorokan.
  6. Minuman yang mengandung kafein, soda dan semua jenis minuman berenergi karena bisa membuat efek tenggorokan menjadi lebih kering.
Terimakasih sudah membaca dan semoga saja bermanfaat, bagi kalian yang sedang batuk, semoga lekas sembuh ya.

Terimakasih anda telah membaca Buah untuk Obat Batuk dan yang Tidak Boleh Dikosumsi saat Batuk. Jika ingin menghubungi kami, silahkan masuk ke halaman Contact Us kami.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar