Tips Ngeblog ala Ichiro Fahmi

Rosyadi 10/09/2015
Tips Ngeblog ala Ichiro Fahmi

keripiksaya.com - Saya adalah veteran dalam dunia blogging, tapi bukanlah seorang blogger yang sukses :'D , oleh sebab itu saya akan coba membagikan tips kepada kalian para pemula dan yang baru rencana, sebelum terlambat, dan menghabiskan waktu ngeblog yang sia sia seperti saya.

Di mata sebagian orang seorang blogger, mungkin akan dianggap sebagai orang yang kuper, nurd, internet addict dan sebagainya, tapi apa kalian tahu jika ngeblog saja kalian bisa dapat penghasilan, atau dengan ngeblog saja kalian bisa ngeksis dan jadi terkenal ?

mari kesampingkan dulu penulis artikel ini yang tidak terkenal, penghasilan dari blogging pun pas-pasan, tapi mungkin potensi kalian lebih hebat dari saya, jadi mari coba ulas hal yang Jangan kalian lakukan saat ngeblog seperti saya. 


Tau mau ngeblog apa

Ini adalah awal dari semuanya, kalian harus tau kalian akan menulis apa, dan mau ngeblog apa terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membuat blog, seperti halnya jika kalian ingin menuju suatu tempat misalnya walau kalian tahu jalanya, tapi kalian juga harus tahu kalian akan naik kendaran apa, ini juga sama dengan dunia blogging.

Jangan sampai seperti saya, ngeblog cuma buat agar "punya blog" saja pada awalnya, yah tentu saja setelah 5 bulan isinnya ya cuma welcome world sama satu postingan biografi saja.

Pilih mau ngeblog dimana

Hal ini juga perlu kalian perhatikan, kebanyakan pemula, akan bingung dengan pilihan mau ngeblog dimana, ada banyak sekali layanan blogging yang bisa digunakan seperti Blogger.com, WordPress.com, Tumblr.com, dan lain sebagainnya. yang masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan, namun saya akan sarankan untuk membuat di blogger.com, 

Kenapa Blogger.com? karena mungkin Blogger adalah yang paling poluler juga banyak dukungan dari master-master dan komunitas yang bisa membantu kalian berkembang dan berkreasi nantinya.

Menulis di Blog dengan benar

Mulailah menulis di blog kalian seperti dengan apa yang di inginkan, menulislah sesering mungkin, dan penting juga untuk tidak hanya mengisi postingan dengan foto saja :D seperti yang pertama kali saya lakukan dulu.

Menulis di blog harus benar, yang saya maksudkan disini adalah sesuai dengan tema yang kalian pilih, misalkan saja blog yang kalian buat adalah berita bola berarti yang akan kalian tulis nantinya harus juga tentang itu, atau seputar itu, jangan malah di isi dengan resep masakan dan lainya.

Memperindah Blog

Nah poin selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memperindah blog, kita analogikan pengunjung, atau pembaca blog kalian adalah tamu, maka jika rumah anda berantakan tentu tamu itu akan malas untuk datang bukan? tapi ingat, jangan berlebihan, memperindah blog, bukan berarti indah saja tapi susah untuk membaca artikel yang kalian sajikan.

Kembangkan Blog kalian

Jika sudah punya blog, tampilan yang sudah tidak lagi berantakan, blog pun sudah terisi dengan tulisan kalian, tentu selanjutnya adalah kalian ingin banyak pengunjung yang datang dan membaca di blog kalian bukan. maka yang selanjutnya adala dengan mengembangkan blog agar bisa dikenal dan diketahui

bagaimana caranya?

Ada banyak caranya, inilah alasan kenapa saya diawal menyarankan untuk menggunakan blogger.com sebagai pilihan penyedia layanan blog yang harus kalian pilih, karena blogger banyak sekali dukungan dari para master dan komunitas yang memberikan ulasan dan cara untuk kalian mengembangkanya, dan berikut adalah diantara beberapa yang perlu kalian lakukan untuk mengembangkan blog;

Konsisten Menulis

Hal inilah yang pertama harus kalian lakukan dan yang mungkin paling sulit dilakukan, seperti hanya masalah utama saya, terus menulis dengan sabar, maka semakin lama-kelamaan blog klian akan berisi banyak konten dan pengunjungpun akan terus bertambah, karena terus mengalami update, pengunjungpun akan senang membaca di blog kalian

Belajar dan Menerapkan SEO

SEO adalah Search Engine Opimization, sebuah istilah dimana penerapan ntuk mengoptimalkan blog kita pada mesin pencari, tapi sedikit tips saja, belajar dari pengalaman saya, kalian tidak terlalu menggebu untuk paham betul SEO cukup tahu saja dasarnya, banyak blogger yang menghabiskan waktunya hanya untuk optimisasi SEO tapi lupa membuat dan mengisi blognya.

Promosi

Yap apapun bentuk blognya, sekeren apapun isi blognya, tidak akan dibaca orang lain jika blog itu tidak dikenal, atau tidak diketahui orang, oleh karena itu sangat penting juga melakukan promosi blog kalian.

Ada banyak sekali cara promosi ini, dari media sosial facebook, twitter, forum, dan sebagainya, atau bisa juga dengan cara blogwalking istilah untuk mengunjungi blog orang lain dan meninggalkan jejak disana berupa back link (link yang menuju blog kalian) tapi ingat juga sangat tidak baik melakukan ini berlebihan.

Sebenarnya masih banyak sekali, mungkin bisa kalian cari sendiri.

Dapatkan Penghasilan dari ngeblog

Nah ini adalah fase yang mungkin menjadi sebagian besar tujuan kalian melakukan blogging, dengan blog kalian juga bisa mendapatkan penghasilan loh, bagaimana caranya?

Seperti yang saya jelaskan diawal, ada banyak cara, tergantung seperti apa blog yang kalian inginkan, Berikut adalah beberapa cara yang paling populer untuk menghasilkan uang dari blog;
  1. Jaringan Periklanan : ini adalah yang paling populer dan yang paling banyak digunakan oleh blogger sebagai sumber penghasilan ngebog mereka, dengan jaringan perikklanan kalian hanya perlu memasang iklan pada blog dan jika pengunjung meng-klik iklan itu kalian mendapatkan komisi dari jaring periklanan tersebut, ada banyak jaring periklanan misalakan seperti ; adsense yang sekarang keripik saya gunakan, kliksaya, media.net dan masih banyak lagi.
  2. Jualan produk : jika kalian mempunyai produk sendiri, kalian bia melakukan penjualan di blog, dengan cara menampilkan produk pada postingan kalian dan memberikan info untuk pembelian, termasuk harga dan sebagainya
  3. Jualan Jasa : Menjual jasa juga bisa menjadi alternatif lain untuk menghasilkan uang dari blog, misalnya saja jika kalian mempunyai keahlian tertentu kalian bisamendapatkan penghasilan dari situ, kalian ahli membuat website maka kalian bisa menjual jasa pembuatan website di blog kalian dan sebagainya.
Sebenarnya masih banyak lagi, tergantung dengan apa yang kalian inginkan dan kreatifitas kalian sendiri.

Mungkin itulah yang bisa saya sampaikan, semoga membantu dan menginspirasi, 

Terimakasih anda telah membaca Tips Ngeblog ala Ichiro Fahmi. Jika ingin menghubungi kami, silahkan masuk ke halaman Contact Us kami.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar