Berbagi Pengalaman Adsense keripiksaya[dot]com

Rosyadi 10/08/2015
Berbagi Pengalaman Adsense keripiksaya[dot]com

Jika kalian membaca ini berarti minimal sudah tahu apa itu adsense, sebuah media periklanan internet yang dibuat dan dikelola oleh perusahaan raksaksa Google. sebenarnya ada sangat banyak penyedia media periklanan didunia, bahkan yang lokal dari indonesia namun Google Adsense tetaplah menjadi primadona dengan segudang keunggulanya dari para master dan pakarnya.

Sekarang mari langsung kepada intinya, saya akan membagikan kepada kalian yang sekarang sedang mengajukan atau baru tertarik dengan Google Adsense, berharap akan bisa sedikit memberi pencerahan atau mungkin semoga saja membatu. disini saya tidak akan menjadi sok tau atau akan memberi tips pasti akan diterima, tapi hanya akan membagikan pengalaman Google adsense pada keripiksaya[dot]com.

Akun Google Adsense saya sebelumnya adalah akun Hosted.

Faktanya akun adsense yang saya gunakan di keripik saya ini sebelumnya adalah akun adsense hosted yang saya dapatkan dari pengajuan melalui situs youtube, yang sebetulnya hanya bisa dipasang pada situs yang sudah memiliki kerjasama dengan Google, artinya iklan pada akun hosted tidak dapat ditampilkan pada situs pribadi. atau situs lain yang bukan situs yang sudah bekerja sama dengan Google.

Sekarang mari kita pahami lebih dalam lagi perbedaan antara akun hosted dan non hosted

Akun Hosted
  1. Pendaftaran Google Adsense Hosted bisa melalui Youtube dan Blogspot.
  2. Pendaftaran akun Hosted hanya satu kali review dan lebih mudah di terima dengan syarat mematuhi kebijakan progam Google Adsense.
  3. Iklan Adsense Hosted hanya bisa ditampilkan di Youtube dan Blogspot (dan belakangan jika kalian mendapatkan akun adsense dari youtube sudah tidak bisa lagi dipasang di blogspot)
  4. Iklan Adsense Hosted bisa ditampilkan di lebih dari satu akun Youtube dan lebih dari satu akun Blogspot.
  5. Iklan Adsense Hosted tidak bisa ditampilkan di blog Top Level Domain (TLD), seperti .com, .net, .org, .web.id, .info, dan sebagainya.
Akun Non Hosted
  1. Pendaftaran akun Non Hosted melalui blog dengan Top Level Domain, misalkan .com, .net, .org, .web.id, .info dan lainnya.
  2. Pendaftaran akun Adsense Non Hosted ini lebih susah karena akan melewati 2 kali review,pertama peletakan iklan,dan yang kedua review penentuan di terima atau di tolak
  3. Iklan Adsense Non Hosted bisa ditampilkan di Youtube, Blogspot, dan blog dengan Top Level Domain (TLD)
Setelah beberapa lama, akhirnya saya membuat blog ini, keripiksaya.com, yang sebelumnya keripiksaya.blogspot.com, kemudian saya belikan domain TLD (.com) yang otomatis saya harus upgrade akun hosted saya ke akun non hosted, agar iklan dapat tampil di kerpiksaya.com.

Upgrade Akun Hosted ke Non Hosted

Nah disinilah perjuangan dimulai, untuk upgrade menurut saya yang pemula ini :) jauh lebih susah ketimbang mendapatkan akun adsense, untuk cara upgrade kalian bisa search di google. awal mula prosess upgrade akun ini adalah pertengahan bulan agustus kemarin, 

Usaha pertama saya ditolak
yah sudah sangat wajar, untuk percobaan pertama saya ini saya tidak terlalu berharap banyak akan langsung diterima, dengan sederet point yang harus diperbaiki, dari konten yang tidak mencukupi, tidak sesuai dengan kebijakan sampai dengan navigasi situs yang sulit.
setelah penolakan pertama saya ini saya coba untuk memperbaikinya dan pada saat itu dalam pikiran saya adalah mungkin dengan semakin blog terlihat profesional maka akan diterima,
- konten saya buat lebih banyak, yang sebelumnya cuma 5 menjadi 15 dan berusaha tidak melanggar ketentuan, no copas dan lain sebagainya.
- saya rubah template menjadi bentuk magazine yang loading cukup berat
- saya coba membuat halaman halaman pendukung, seperti about, kontak, disclaimer, dan juga privacy
setelah itu saya ajukan lagi dengan percaya diri tinggi bahawa akan diterima.

Usaha kedua saya ditolak
diluar ekspektasi saya ternyata engajuan kedua saya ini masih saja ditolak namun kali ini hanya tinggal navigasi sulit . akhirnya saya searching, baca sana, dan baca sini untuk mengatasi masalah ini. dan yang pertama saya lakukan pada saat itu adalah;
  1. Memasang widget yang kata master-master harus ada pada blog, seperti archive, label, popular post, juga kotak pencarian.
  2. menghapus semua yang tidak diperlukan
Dengan masih template yang sama, MagOne Magazine saya kembali mengajukan untuk yang ke tiga kalinya.

Masih ditolak dengan alasan yang sama
Setelah saya lakukan semua perbaikan masih saja ditolak dengan alasan navigasi sulit. penolakan ketiga ini bukan membuat saya kapok, malah semakin penasaran, padahal sepertinya dulu gampang banget, saya coba lagi dan lagi, sampai saya lupa sudah berapa kali saya coba, mungkin belasan kali atau lebih ada banyak sekali perbaikan yang disarankan para master dari yang menggunakan template bawaan blogger, menaruh navigasi halaman pada header atas dan sebagainyauntuk mempermudah navigasi, bahkan pernah saya hilangkan dropdown menu dengan pure static menu tapi masih saja ditolak, namun lama-lama saya jadi tahu apa yang dimaksud dengan navigasi sulit ini

nah ini mungkin cukup penting diperhatikan, navigasi sulit disini yang bisa saya pahami maksudnya adalah bagaimana pengunjung bisa mengakses artikel atau postingan kalian secara mudah dan tidak dibuat bingung. KUNCINYA disini adalah pada penambahan label, pemilihan label yang tepat dan penempatan pada menu yang tepat.

misalkan begini, jika kalian membuat artikel, kemudian hanya memberikan label artikel itu "berita" saja maka akan  membingungkan bukan? ini berita apa maksudnya,? jadi harus lengkap.. misalkan saja "berita unik" atau "berita manca negara" seperti itu, atau kalian bisa dengan menggunakan dua label misalkan dengan "berita" dan "unik" dan jika menggunakan dua label pastikan untuk menaruhnya di menu dengan penataan yang tepat misal berita tentu sub menunya unik, jangan kebalik balik.

kemudian yang saya pahami lagi disini adalah, untuk navigasi harus terlihat jelas, dan mudah dibaca. mungkin kalian bisa lihat diatas navigasi keripik saya berwarna hitam, sedang body page berwarna cerah itulah maksudnya. 

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan, saya yakin kalian masih sangat bingung dengan penjelasan saya, jadi jika ada pertanyaan yang mungkin saya bisa menjawabnya akan sangat senang bisa membantu. silahkan tinggalkan komentarnya

Terimakasih anda telah membaca Berbagi Pengalaman Adsense keripiksaya[dot]com. Jika ingin menghubungi kami, silahkan masuk ke halaman Contact Us kami.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

6 komentar

Thanks mas pencerahannya, kebetulan saya lagi cari panduan tentang upgrade akun ini. Baru saja saya diterima sebagai publisher adsense hosted. Rencananya sy akan upgrade akunnya, cmn saya belum percaya diri dengan situs yang ingin saya ajukan. Ini situs saya mas: ilmusiana(dot)com, mohon masukannya, terimakasih...

Balas

blognya sudah sangat banyak konten, kenapa tidak dicoba saja..

Balas

Gan download template yang digunakan kripiksaya(dot)com ini di mana? atau minta linknya aja gan..

Balas

templatenya beli sama mbaak arlina coba deh cek di arlinadesign(dot)com

Balas

Ok gan terima kasih..mmm saya mau tanya lagi nih, umur blog agan ini sudah berapa bulan? terus agan daftar jadi publisher lewat mana? blogger, youtube, atau langsung di website adsense?

Balas

pertama youtube.. kemudian saya upgrade ke non-host

Balas