Mulai 15 Desember, Registrasi Kartu SIM Prabayar Harus Pakai KTP

Rosyadi 10/20/2015
keripiksaya.com - Sebuah berita cukup menarik belakangan ini yang berhubungan dengan kartu SIM, bukan surat izin mengemudi melainkan kartu telpon seluler, dengan harga murah, sangat mudah didapatkan, mudah dibeli, menurut pemerintah pengontrolanya menjadi sulit, apa lagi sekarang semakin marak penipuan yang emanfaatkan kelonggaran ini.

Mulai 15 Desember 2015, serentak secara nasional, pembelian kartu SIM baru harus disertai Kartu Tanda Pengenal (KTP). Kebijakan ini dikeluarkan langsung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) untuk menertibkan registrasi kartu prabayar.

Mulai 15 Desember, Registrasi Kartu SIM Prabayar Harus Pakai KTP

Seperti yang keripiksaya kutip dari liputan6.com, Menurut Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi, Ismail Cawidu "Untuk (penertiban) ini, kami perlu kesepakatan utuh dari operator. Nah, seluruh operator telekomunikasi kini sudah menyepakati bersama agar penertiban registrasi dimulai pada 15 Desember,"

Lebih lanjut, Ismail mengungkap bahwa penjual eceran ataupun pemilik kios kartu perdana yang akan melakukan verifikasi data, harus memiliki kartu ID khusus yang diberikan pihak operator. Kartu ini diharuskan, sebab dia yang bertanggung jawab atas input data pelanggan.

"Jika tidak punya ID, penjual itu tidak dapat melakukan registrasi pelanggan. Verifiikasi data pelanggan itu penting sebagai upaya pemerintah untuk melakukan penelusuran data jika diperlukan," lanjutnya.

Perlu diketahui, selama ini aktivasi kartu prabayar dapat dilakukan sendiri oleh pengguna. Aktivasi ini meliputi kegiatan memasukkan nama, alamat, nomor telepon, dan KTP.

(sumber:liputan6.com)

Terimakasih anda telah membaca Mulai 15 Desember, Registrasi Kartu SIM Prabayar Harus Pakai KTP. Jika ingin menghubungi kami, silahkan masuk ke halaman Contact Us kami.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar