Death Note Dorama 2015

Rosyadi 8/21/2015
Death Note Dorama 2015

Episode 1

Sekarang siapa sih penggemar film, apalagi film jepang dan anime yang tidak tahu dengan Death Note, sebuah Manga, Anime, Dorama, sampai Film pernah dibuat di  tahun 2006, cerita yang sangat epic, dan menurut saya sangat dalam dan penuh dengan "kecerdasan".

Cerita berfokus pada Light Yagami yang tidak sengaja memungut sebuah buku hitam yang ternyata buku itu milik Ryuk sang shinigami (dewa kematian), dimana setiap orang yang namanya ditulis didalamnya akan mati, dengan idiologi Keadilan yang sangat kuat, Light menggunakan Death Note untuk membunuh para kriminal. namun apapun alasanya membunuh tetaplah membunuh, itu adalah tindakan kejahatan, seorang detective misterius dengan initisl "L" akhirnya muncul dan mengusik Light Yagami yang lebih dikenal bersembunyi dibalik nama Kira sebagai sosok yang diketahui namanya didunia. akhirnya cerita inti akan berkutat tentang pertarungan psikologi antara L dan Kira.

Hampir satu dekade sudah kita mengenal Death Note, akhirnya pada tahun 2015 ini kembali lagi.

Paada saat ulasan ini saya buat Death Note sudah sampai pada episode ke 7, namun saya akan mencoba mengulasnya per episodenya,

Episode perdana, bagi penggemar dan yang sudah mengenal DN sejak lama, pasti akan sangat kecewa dengan episode perdana ini, bagaimana tidak, kita akan dibuat kaget dengan perubahan drastis karakter yang sudah kita kenal sejak 10 tahun yang lalu, 

walau jujur saja cast pemain untuk memerankan karakternya sudah ok semua, dan cukup menjanjikan, walau ada beberapa yang miss, seperti missa amane, saya lebih suka erika toda (2006).

Perubahan Karakter

Light Yagami dari si misterius, cool, kalem dan licik berubah menjadi AL4Y yang suka di bully, plus yang paling membuat "wah" adalah dia penggemar idol, dan idol itu adalah Missa Amane. ( serius pada waktu itu gak kebayang ceritanya akan seperti apa ),

Selain Light, karakter yang dirubah lainya adalah L, alias Ryuga alias Lawliet, dari yang kita kenal, penyuka makanan manis, kaos oblong berwarna putih, aneh, misterius, pokoknya sesuatu banget, tiba-tiba di 2015 dirubah menjadi Boyband, dengan narsis dan ah sudahlah.

Segi cerita sedikit dirubah namun masih tetap pada jalur yang kita tahu

Untuk segi cerita sendiri, tidak terlalu mengecewakan, ada unsur unsur baru namun tidak berlebihan disana, dari episode pertama ini-pun kita akan tahu, pada 2015 ini sepertinya lebih mirip dengan versi animenya, walau ada beberapa yang cukup mengganggu seperti yang saya ulas diatas.

Akting yang kurang merata

Untuk masalah akting, saya secara pribadi lebuh menyukai versi 2006, terutama pemeran L, Kenichi Matsuyama sudah sangat melekat diotak saya sebagai L, banyak nama beken saat ini yang ikut andil dalam Death Note 2015, namun sepertinya nama besar tidak menjamin akan bagus suatu film.
[next]

Episode 2

Masuk dalam episode 2, di episode ini sepertinya kita penggemar Light Yagami akan sedikit bernafas lega, kenapa, karena sepertinya "Light yang asli" sudah sedikit kembali, entah memang sengaja dibuat seperti itu diawal episode untuk membuat sensasi atau bagaimana, saya cukup curiga, bahwa setelah episode ini nantinya baik Light atau L akan dikembalikan karakter mereka seperti semula.

Ryuk yang semakin "Nglucu"

Di episode ini kita akan dibuat sadar bahwa ryuk semakin gila, sebagai shinigami sepertinya gak ada seremnya sama-sekali malah cenderung sebagai pembuat senyum, layaknya yang selalu ada di film action hero yang asisten atau temanya lucu.

L suka senyum di Death Note 2015

Selain itu, di episode ini juga akan dibuat sadar "hei L suka senyum ya disini", berbeda dengan 10 tahun yang lalu bagaimana susahnya L untuk tersenyum bahkan sekali digmbarkan dia lagi dalam kondisi senang sangat dipaksakan untuk senyum, dan itu aneh sekali.
[next]

Episode 3

Masuk pada episode ke 3, saya semakin yakin dengan kecurigaan saya pada episode sebelumnya, tentang "karakter Light dan L yang akan dikembalikan sedikit demi sedikit", karena pada episode ke 3 ini sudah muli terlihat tanda tandanya.

Akhirnya mereka (Light dan L) terlihat sudah lebih pintar

Pada episode ke 3 ini anda akhirnya akan melihat yang sebleumnya terlihat lebih bodoh, sekarang akhirnya bisa lebih pintar, alur cerita juga sudah mulai masuk seperti versi animenya.

di episode ini L akhirnya mencurigai Light sebagai kira, sisi jahat juga suda mulai kentara, namun sedikit mengganjal pikiran saya adalah apa ceritanya tidak terlalu cepat, dimana rencana Death Note 2015 ini kan 12 episode, tapi episode ke 3 saja sudah sampai disini
[next]

Episode 4

Di episode ini, light benar-benar semakin kelam dan terlihat lebih menyeramkan, entah saya saja yang merasa bahwa, light ini lebih terlihat sebagai penjahat murni ketimbang dark hero seperti pada animenya, entahlah anda mungkin menilai berbeda. namun pada intinya cerita dan karakter akhirnya kembali ke trek semula.

Di episode ini juga untuk pertama kalinya Light dan L yang menggunakan nama Ryuga akhirnya bertemu secara langsung.

Ohya satu hal lagi yang saya sadari adalah Light semakin macho, beda dengan episode awal, sungguh memang benar, diawal adalah strategi mungkin. :P
[next]

Episode 5

Bertemunya kira ke 2 (Missa Amane) dengan Light, tapi tidak seperti yang saya duga di awal, ketika light adalah fans missa, masak responya gitu saja? apa nge fans di awal episode itu bohongan? ah sudahlah, 

Bicara soal Missa Amane si Death Note 2015, aktingnya sungguh kurang greget, bahkan terlihat buruk bagi saya.

Dan yah, si Near "cantik" ini sekarang berada di jepang, ada yang tau kenapa mello disini jadi karakter ke 2 Near dan jadi boneka? mungkin kehabisan pemeran kali ya :P

Di akhir episode akhirnya Missa Amane ditangkap dan dijadikan tersangka.
[next]

Episode 6

Sekarang di episode yang ke 6 semua sudah berjalan sesuai dengan cerita aslinya, namun entah kenapa semuanya terlihat sama (dengan versi anime) jadi merasa kurang antusias.

Light kini juga di introgasi oleh L, seperti halnya Missa, sayang di bagian ini anda akan merasa ada yang kurang, entah apa itu, tapi jujur saya harus ada hit baru agar penonton tidak bosan.

Ohya, satu hal lagi yang perlu anda sadari, di DN 2015 ini, sepertinya juga memperbaiki cerita sebelumnya agar lebih masuk akal, dari segi cerita (dalam hal ini rencana-rencananya Light atau L)
[next]

Episode 7

Di episode ini  saya cukup terkejut, ketika muncul initial "B" yang muncul dan menjadi detective yang disewa oleh penjahat yang juga sebagai kira ke 3, (kalian pasti sudah tahu ceritanya) B disini untuk sesaat saya berharap adalah BB, karakter pembunuh yang sangat mirip dengan L dan berasal dari Wammy House sama dengan L dan Near, (dalam novel ringan "Death Note BB Murder"). tapi sayang sepertinya PHP, dan ternyata itu Near, yang menyamar.

Near di episode ini lebih sering muncul dari biasanya, dan pada menjelang akhir episode, saat near dan L sedang bersama dan bermain saling melengkapi puzle, L salah meletakan puzle, disitu langsung ditegur oleh near, saat ditanya, L menjawab bahwa bukan dirinya yang akan menyelesaikan puzle terakhir itu, melainkan Near, L kemudian pergi, dan near sepertinya cukup terganggu dengan perkataan L seolah olah dia akan segera mati.

[next]

Episode 8

Sepertinya ini adalah beberapa episode menjelang akkhir, sudah terlihat jelas bagaimana benang yang seblumnya membuat sidikit runyam sekarang terbentang lurus yang membuat semakin tidak ada perbedaan yang berarti dengan cerita yang kita tahu, kecuali beberapa kejutan yang tidak mengejutkan lagi untuk kita.

Bagaimana sikap L yang seolah sudah mempersiapkan diri untuk mati demi mengungkap bahwa Light Yagami adalah kira, atau sudah munculnya pengikut kira yang menganggapnya Tuhan dan selalu bilang "Hapus, Hapus, Hapus, Hapus..!" itu. bagian bagian ini adalah bagaimna penonton seharusnya tegang dan sangat antusias.

Tapi ada sesuatu yang kurang.. apa itu? sesuatu yang baru, klimaks yang baru, sebuah kejutan baru, mungkin itu yang saya tunggu sejak awal episode ini dimulai, dari cuplikan "prequel" episode sebelumnya bahwa "Nama L ketahuan dan akan mati".

Ada banyak sekali kejanggalan scane, yang terasa sangat mentah dan terlihat lebih buruk dari episode sebelum-sebelunya, seperti bagaimana Near yang berubah menjadi Mellow yang membunuh saksi, dan yasudah gitu saja.

Dibagian akhir seperti dugaan saya, walau begitu, apa yang akan dilakukan kira? dan apa yang terjadi selanjutnya eding dengan menyisakan tanda tanya besar yang klasik namun tetap bisa menjaga kita untuk tetap setia menunggu ditayanngkanya episode ke 9.
[next]

Terimakasih anda telah membaca Death Note Dorama 2015. Jika ingin menghubungi kami, silahkan masuk ke halaman Contact Us kami.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar